cerita si cokelat yang pekat



huh...
bukan sekedar ikut2an kalau aku juga punya sama

po-li-si
tiga suku kata yang kalau digabung gitu deh...
hahah...

hmm...
bukan mau nyela sih,
cuma mau berbagi cerita aja..
soal si seragam cokelat

jadi waktu itu,
aku dan
k'dhany mau ngejemput upikwatay di rumahnya,

pas balik ke arah selatan...
tibatiba si starla dihentikan
sama seorang polisi paruhbaya yang perutnya buncit dan malas bergerak.
karena k'dhany bukan orang yang nakal, akhirnya dia berhenti...
jendela pun diketuk, si polisi paruhbaya yang perutnya buncit dan malas bergerak itu meminta surat-surat si starla.
karena suratnya lengkap, si polisi paruhbaya yang perutnya buncit dan malas bergerak *eh bused.. susah aja namanya, baik.. mulai sekarang namanya disingkat jadi PPBYPBDMB okeh!*

yups, karena suratnya lengkap si PPBYPBDMB itu pun sempat terdiam..
*mungkin sedang mencari alasan untuk membuat kita ngeluarin uang*

terus si PPBYPBDMB itu bilang, 'anda tau kesalahan anda?'
hampir saja aku yang jawab, 'terlalu cantik?' untung gak jadi karena efeknya bisa bikin orang muntah darah sambil koprol..
masih menurut si PPBYPBDMB, ternyata kita gak berada di jalur yang benar, tidak mematuhi marka jalan.

jadi ceritanya, kita kan mau belok kiri. Seperti yang sudah-sudah, tiap mau belok kiri pasti k'dhany sudah ngambil jalur kiri... eh, kata si PPBYPBDMB si starla ngambil kiri dengan memotong dari jalur kanan!

lah..
tentu saja k'dhany gak terima
langsung dia joget india di pinggiran jalan raya
eh..
gak gitu deng...
*disambit k'dhany sampe tengkleng*
k'dhany gak terima,
apalagi mendengar ceritanya si upikwatay

*close up ke muka upik... kemudian fade out sambil ngeblur..*
"jadi tuh PPBYPBDMB emang sering banget ngeberentiin mobil di situ dengan atau tanpa alasan. Entah hobi, entah nyari duit.. kita gak pernah tau..."

balik ke k'dhany,
tentu saja dia gak terima,
langsung nyari pembelaan...
eh, terus si PPBYPBDMB malah marah... 'kalo sodara gak terima sama omongan saya, mending ditilang saja'
ya udah...
kata k'dhany.. tilang saja...

terus k'dhany pergi ke pos-nya, untuk ketemu komandannya...
lumayan lama dia disana
padahal hari itu jadwal kami padat, sodara...

upik pun memberi tahu,
dan langsung aku goreng kering biar jadi stick tahu
*dicolek, mbak.. bukan tahu yang itu!*

anywaaay...
kata si upik, kalo ditilang, minta saja SURAT TILANG BERWARNA BIRU kemudian MINTA NO REKENING KEPOLISIAN,
tujuannya...
biar duit yang masuk itu masuk ke lembaga, bukan ke kantong pribadi polisipolisi ini..
dengan kata lain,
gak akan ada pemasukan dari jalur gak benar buat mereka!

eh, tau jawabannya apa??
aku juga gak tau sih.. karena aku di mobil..
*diam*
**ditimpuk kornet**

hahay..
karena lama, aku pun beranjak ke dalam pos
setelah sebelumnya duduk di mobil sama upik yang lagi maen rugos...
pas ke dalam,
muka k'dhany tuh keras... emosi sekali tampaknya...
trus dia bilang ke aku,
katanya pak polisi gak mau ngasih no rekening,
katanya kalo mau bayar denda harus langsung ke bank BRI
FYI, kejadian itu terjadi di hari sabtu, yang berarti gak ada bank yang buka!!
HELLOOOOOOW!!!

tapi si polisi itu tetap ngotot.
padahal jelas-jelas, aku jauh lebih berotot!
*iya tau, gak penting*

dia tetap ngotot gak mau ngasih no rekening
terus dia ngasih buku pasal ke aku,
dia nunjukkin, denda yang harus kami bayar kalau lewat bank...
dan bilang, 'saya gak mau nih, kalo ibu sampe harus bayar segini'
terus aku jawab... 'ya kalo emang harus, ya mau gimana?'
eh, dia malah gak jawab dan malah nerima telfon..

trus aku bilang ke k'dhany,
'aku udah bilang ke TMCPoldaMetro kok...'

eh si polisi itu tibatiba nengok ke aku,
dan bilang, 'mbak Luna Maya ya?'
*digaplok bolakbalik*

enggak deng, dia gak nyebar fitnah kayak gitu...
tapi dia bilang, 'ooh... telfon aja bu... telfon aja mumpung masih disini'

kalo misalnya dia ngomong dengan nada santun,
mungkin aku gak akan tambah emosi
tapi ini dia ngomongnya dengan nada ngenye... dengan mencibir
seolaholah aku adalah anak sekarang yang hobinya mamerin bekingan
padahal udah jelasjelas nabrak orang

*hell yea! I HATE THOSE PEEPS.. PETANTANG PETENTENG MENTANGMENTANG PONAKANNYA JENDERAL... MENTANGMENTANG ANAKNYA KOMANDAN!*

dibilang gitu, terang aja aku makin marah...
aku gebrak meja sambil bilang, 'wah... aku sih bukan orang kayak gitu pak. Namanya masyarakat, wajar dong kalau saya komplen. Kan polisi HARUSNYA melindugi dan melayani masyarakat. Kami kan gak ngerti sama peraturan-peraturan kayak gitu...'

kelar aku ngomong gitu,
tibatiba tuh polisi ngasih SIM k'dhany yang dia pegang-pegang dari tadi
terus bilang, kami boleh pergi
alasannya?
karena dia suka sama argumentasi aku yang bilang kalau polisi tuh melindungi masyarakat...
dan dia juga bilang rada kesel sama argumen dan gaya k'dhany yang katanya sok pintar
padahal dia sendiri adalah seorang insinyur..
*iya tau, omongannya gak nyambung...*

anywaaay..
akhirnya kita jalan sambil tetap meradang
maklum hati langsung panas bukan buatan...
ketawan banget deh,
kalo mereka tuh bukan mau menegakan peraturan..
tapi nyari pemasukkan buat mereka sendiri makan...
ah dasar kalian!

coba deh,
gimana mereka mau dihormati..??
harusnya tiap ngeliat polisi,
kita merasa aman dan bertenang hati
bukan malah takut menjurus benci..



PS: kalau tibatiba aku menghilang tanpa kabar setelah nge-post-ing blog ini, yah.. kalian tau lah aku kemana...

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar

ke lagu ke labu