Puasa Dicil [ceritamini]

[tulisan ini pernah dimuat di majalah Aneka Yess! no. 18/2008]

Puasa Dicil

Hei Upik, puasa nggak lo hari ini?” suara cempreng Dicil terdengar

Puasa dong, “ jawab yang ditanya. “Emangnya lo, batal melulu he he...”

Enak aja... itu kan karena terpaksa,”

Terpaksa apaan? Emang ada yang maksa lo untuk duduk di warung baksonya Pak De, siang bolong gitu?”


Dicil, begitu cewek ini dipanggil. Buat teman-temannya, Dicil nih dikenal sebagai tukang makan. Hampir semua makanan dia doyan, kecuali makanan ikan sama makanan kemaren he he... pokoknya kalau ngajak Dicil makan di tempat all you can eat nggak bakalan rugi deh.

Dari kecil, Dicil memang hobi banget makan, bahkan kata nyokapnya, waktu umur dua tahun setengah Dicil sudah ngotot minta nasi! Padahal waktu itu, giginya belum juga tumbuh he he... sampai sekarang, nafsu makan Dicil nggak berkurang juga.


Aduuh... jam berapa sekarang?” tanya Dicil ke Upik sobatnya. Saat itu Dicil dan Upik lagi duduk di deretan tangga di sebuah mall dekat rumah mereka.

Ya ampuun Dicil, udah lima kali lo nanyain hal yang sama melulu ke gue...” jawab Upik yang lagi konsen baca novel yang baru saja dia beli di toko buku di mall ini.

Abis dari tadi jawabannya nggak berubah, masa dari tadi jam tiga melulu!” keluh Dicil

Ya gimana nggak sama, jeda nanya lo tuh cuma lima menit! Ya jelas aja, bedanya dikit...” jawab Upik tanpa ngelihat ke arah Dicil, soalnya dia lagi konsen banget baca. “Lagian, emang kenapa sih lo nanya jam melulu? Laper lo ya??”

Banget... hu hu...”

Idih Dicil...” kali ini Upik menolehkan pandangannya ke Dicil yang lagi duduk di sampingnya dengan pandangan memelas. “Emangnya lo nggak sahur semalem?”

Sahur sih... tapi...”

Ah, dasar tukang makan... ayo ditahan, bentar lagi buka kok...”
”Buka dari Hongkong?!? Ini aja baru jam tiga..”

Eh, nggak boleh marah gitu. Ayo tahan, mending lo baca daripada ngelamunin makanan mulu...”

Aaah... Upik... gue tidur aja deh... bangunin gue kalau udah jam setengah enam!”

Yeee... Dicil, jangan tidur disini dooong!!”


Sebenarnya sih dari kecil Dicil sudah dibiasakan puasa, tapi entah mengapa, dia nggak pernah kuat puasa. Bisa dihitung deh, berapa kali dia batal gara-gara nggak kuat menahan godaan makan. Setiap dia batal, nyokapnya selalu marahin dia, tapi lagi-lagi Dicil batal melulu. Kalau dihitung-hitung nih. Selama satu bulan, intesitas Dicil puasa tuh bisa dihitung pakai jari!

Ayahnya, Oom Richard, sampai geleng-geleng kepala. Pernah ya, Rara dipaksa puasa, tapi dia malah nangis nggak karuan terus abis itu sakit. Payah banget deh pokoknya. Gara-gara nggak mau puasa, Dicil sempat mau dimasukkin ke pesantren loh, tapi lagi-lagi Dicil nolak.


Aduh Pik... sumpah gue nggak kuat lagi!!” sungut Dicil ke Upik yang masih konsen baca Harry Potternya. “Gue mau buka saja ah...” katanya lagi sambil bangun dari posisinya semula.

Eh, Dicil... tanggung tahu... ini udah jam empat. Dua jam lagi buka kook...”

Nggak mau, gue udah nggak tahan!” gerutu Dicil. “Bisa-bisa gue sakit karena nahan makan!”

Yee.. kan sudah dibilang, puasa justru bagus buat pencernaan. Ayo Dicil, bertahan!” Upik juga ikutan bangun

Nggak! Gue nggak kuat... puasanya besok lagi deh!” Dicil melangkah masuk ke restoran fast food. Upik yang ngelihat hanya terbengong-bengong. “Mas, saya pesen paket nasi sama ayam ya, buruan... saya lapar banget,” kata Dicil di depan konter. Tanpa ngelihat ke arah sang penjual karena sibuk nyari dompetnya.

Dicil ... lo nggak puasa?” sebuah suara mengagetkannya. Suuuut... sontak Dicil mengangkat kepalanya. Dan doeng...doeng... berdiri di hadapannya adalah John, gebetan Dicil yang mukanya mirip-mirip sama Dude! Tampang John yang ganteng menatap heran ke Dicil.

Ups... Dicil nggak bisa jawab.

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar

ke lagu ke labu