Belanja Hemat [ceritamini]

[tulisan ini pernah dimuat di majalah Aneka Yess! no. 21/2009]

Belanja Hemat


Bukannya nggak mau beli apa-apa… sebenarnya sih pengen beli apa-apa, tapi Mbak Upik suka mikir lagi. Apakah barang yang Mbak Upik lihat itu memang dibutuhkan. Kalau memang nggak, ya nggak usah dibeli… sayang kan kalau buang uang untuk beli barang yang akhirnya dibuang” kata Mbak Upik lagi


“Mau kemana???” teriak Ijah keras ke sosok di depannya yang lagi siap-siap bangun

“Mau ikut mama ke ITC… “ jawab Dicil, yang ditanya dengan posisi stop-motion

“Lagi?? Ngapain lagi lo kesana?? Lo baru kemaren kan kesana?? Eh ini berima loh…” kata Ijah lagi.

“Yah itu kan kemaren… sekarang mungkin barangnya udah ganti!” kata Dicil lagi.

“Maksud lo… lo mau belanja lagi????” Ijah yang lagi megang kerupuk ikutan terbangun dan berpose seperti Dicil di depannya.

“Dikit… emang kenapa??”

“Diciiiil!!! Lo nggak boleh belanja lagi!! Ntar duit lo abis lagi kayak bulan lalu!”

“Kan masih ada lo… udah ya… duadaaaaaagh… “ Dicil nggak peduli dan langsung lari. JEDUK!!! Ehem.. itu bunyi pintu ketabrak Dicil yang memang suka nggak sinkron antara saraf motorik dan sensoriknya.


“Tadddaaaa…” suara nyaring Dicil memenuhi ruang dengar Ijah dan Pupai, si keling anak tetangga. “Liat nih, gue beli apa!!” lanjutnya sambil meletakkan tiga kantong lumayan besar ke atas kasur.

“Bused ngapain lo beli bola futsal kayak gini??” tanya Pupai si keling yang baru balik dari Thailand. “Emang lo perlu beginian ya??” tanyanya lagi demi melihat seperangkat alat sholat dibayar tunai, eh… seperangkat obeng dengan berbagai bentuk.

“Mungkin sekarang belum, tapi kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti… bukan??” kata Dicil sok bijak. “Eh, Jah… nih gue beliin sesuatu buat lo…” Dicil mengangkat baju renang warna kuning.

“Gue nggak bisa berenang!” kata Ijah cuek sambil jalan keluar kamar.

“Tapi warna kuningnya cocok buat lo… Jaaaaah…”


“Lo kenapa sih Jah, kok jahat sama Dicil. Dia kan udah bela-belain beliin lo baju renang kuning gambar kodok itu…” tanya Pupai sambil makan lontong. Saat itu mereka duduk di teras rumahnya Pupai.

“Nggak jahat, cuman sebel aja sama Dicil… bisa-bisanya dia ngabis-ngabisin duit buat beli hal-hal nggak penting!” keluh Ijah. “Gue bingung liat dia yang suka kalap kalau pergi ke toko… aneh… “

“Eh Jah… kayaknya gue bisa bantu deh. Gue punya temen yang bisa bantu mecahin masalah si Dicil” kata Pupai tiba-tiba, bikin lontong yang lagi dimakan remuk karena kegencet tangan.

“Apaan???”


“Dic, kenalin nih. Ini Upik Bdadang… “ kata Ijah. Dicil mendongak dan melihat sosok cewek berjilbab dengan senyum tiga jari berdiri di hadapannya. Nah loh… ini model Aneka Yess! yak?? “Dia nih bakal bantuin lo dengan masalah gila belanja lo itu..!”

“Apaan sih Jah??”

“Udah… tenang aja… udah ya, lo ngobrol-ngobrol dulu sama Mbak Upik!!”


“Bused dah si Ijah, bisa-bisanya nyuruh seorang pengamat keuangan keluarga ngawasin gue selama seminggu” keluh Dicil sama Kokom Rachma, temannya. “Mana galak lagi…”

“He he… itu kan buat kebaikan lo juga Dic… biar lo lebih irit gitu…”

“Irit apanya? Yang ada gue nggak bisa jajan-jajan tauuu!! Heran, apa indahnya hidup kalau nggak boleh beli apa aja???”

“Udah sabar-sabar… ntar juga lo dapet manfaatnya…”


“Aduh Mbak Upik… udah deh, masak lem aja harus bikin sendiri. Beli banyak kali!!” kata Dicil sambil megang stoples berisikan tepung kanji dan sendok.

“Tapi ini lebih irit dan bisa dapet banyak loh…”

“Mbak Upik ini hidupnya agak repot ya?? emang Mbak Upik nggak suka belanja gitu?? masa sih, nggak pengen beli apa-apa??”

“Bukannya nggak mau beli apa-apa… sebenarnya sih pengen beli apa-apa, tapi Mbak Upik suka mikir lagi. Apakah barang yang Mbak Upik lihat itu memang dibutuhkan. Kalau memang nggak, ya nggak usah dibeli… sayang kan kalau buang uang untuk beli barang yang akhirnya dibuang” kata Mbak Upik lagi

Dicil hanya terpekur.


Happy birthday Ijaaaah!!” suara tepukan dan teriakan bergema di kamarnya Ijah di lantai dua. “Ini kado buat lo…” Pupai si keling mengangkat bungkusan yang langsung dibuka dengan iringan teriakan Ijah yang seneng banget karena Pupai menghadiahinya CD Peewee Gaskins terbaru.

“Ini buat lo… “ Giliran Kokom Rachma angkat bicara. Bungkusan pink dari Kokom Rachma langsung dibuka dan ternyata berisikan replica kincir angin yang lucu.

“Nah, ini dari gue…” Dicil nggak mau kalah. “Terimakasih karena sudah menyadarkan gue untuk nggak gelap mata lagi kalau belanja. Sekarang gue nggak pernah ngabisin duit untuk hal-hal nggak penting dan nggak dibutuhkan… gue nggak akan beliin lo baju renang lagi deh…”

“Waaah… terimakasih…” kata Ijah sambil ngebuka bungkusan kecil dari Dicil. Isinya? Sendok dan garpu, serta sehelai tissue!

“Itu kan yang pastinya lo perlukan dalam hidup lo… he he…”

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar

ke lagu ke labu