Jadi Anak Paskib [ceritamini]

[tulisan ini pernah dimuat di majalah Aneka Yess! no.15/2009]

Jadi Anak Paskib


Eh Dic, lo jadi mau masuk SMA mana????” tanya Upik

“Terserah nyokap lah. Yang bagus aja. Kayaknya sih di sekolahnya dia dulu “ jawab yang ditanya

“Lo udah bilang, tuh sekolah harus yang ada ekskul paskib-nya??”

“Udah… ngg… kayaknya sih udah… “



“Pokoknya… gue mau ikutan ekskul paskibra!!” teriakan Dicil terdengar menusuk kuping Upik, sahabatnya. Cewek berambut keriting yang lagi tiduran itu sontak bangun dan melotot ke arah Dicil. “Iya Pik, gue udah memutuskan… gue bakal eksis jadi anak Paskib!! Biar keliatan keren kayak Kak Bening itu looh…”

Pikiran Upik melayang ke sosok tinggi tegap berambut sebahu yang sering mondar-mandir di depan kamarnya. Sosok kakaknya sendiri, Kak Bening yang memang adalah anggota Paskibra tingkat Walikota Tambun Selatan. “Eh, ntar dulu… kan yang ikutan paskib badannya harus tinggi tegap gitu Cil… nah elooo…” kata Upik kejam

“Emang gue kenapa??” tanya Dicil sambil ngaca.

“Yee… lo kan tambun!! Mana bisa ikutan paskib??” kali ini Upik ngomong sambil ketawa guling-gulingan

“Idiiih… liat aja nanti! Gue bakal jadi anggota paskibra juga. Paskibraka kalo perlu!”


Ternyata niat Dicil untuk jadi anggota Paskibra alias Pasukan Pengibar Bendera itu beneran keras loh. Terbukti nih, sekarang jarang banget Upik bisa ngajakin Dicil untuk menikmati siesta alias tidur siang. Karena Dicil lebih memilih untuk lari keliling kompleks dalam usahanya memiliki tubuh lebih kecil. Terus sorenya, Dicil malah sibuk latihan baris berbaris gitu di belakang rumahnya.

Sekedar info, dari kecil Dicil memang selalu nonton detik-detik Proklamasi di Istana Negara melalu televisi dan dia jadi kagum banget sama para pengibar bendera yang tingginya sama dan bisa berjalan dengan selaras dan seimbang satu sama lain. Nah, gara-gara itu juga dia pengen banget jadi anggota paskibra.

Sekedar info lagi, waktu SMP, Dicil memang nggak kepilih masuk tim paskib karena tubuhnya yang agak gempal. Makanya di SMA nanti dia ngotot banget untuk jadi anggota tim.

“Eh Dic, lo jadi mau masuk SMA mana????” tanya Upik

“Terserah nyokap lah. Yang bagus aja. Kayaknya sih di sekolahnya dia dulu “

“Lo udah bilang, tuh sekolah harus yang ada ekskul paskib-nya??”

“Udah… ngg… kayaknya sih udah… “


“Aduuuh… Dicil! Udah dong latiannya!!” keluh Upik satu kali. Hari itu, Dicil sudah bolak-balik mondar-mandir di depannya, berjalan dengan langkah tegap dan sekarang lagi berdiri dengan sikap sempurna yang –menurut Upik agak lebay. Masa, dadanya sampai dibusungkan dengan amat sangat? Bikin Dicil jadi kayak ayam seksi! He he… “Diciiiil!!! Buseeet… kapan makannya nih kita!!”

“Heh… sabar dikit kek… bentaran lah woy!” Dicil angkat suara tanpa angkat kepala dari posisi semula yang menghadap depan.

“Argh… lapar saya kalau gini caranya…” keluh Upik sambil megang perutnya. “Lagian ngapain sih, lo getol latian sampai kayak gitu… emang lo bakal kepilih??”

“Kalau nggak usaha, gimana bisa?” jawab Dicil sok serius. “Udah deh, lo tuh ya… bukannya ngedukung temen malah ngejatohin melulu. Nggak asik ah lo… nggak kayak Heidi Montag sama Spencer Pratt!”

“Idih, apa hubungannya???” Upik misuh-misuh.

“Nggak ada sih, abis baca Gossip n Fact di Aneka Yess! aja…. He he…” kata Dicil lucu. “Udah ah… gue mau latian lagi. Pokoknya… gue akan berusaha supaya gue kepilih jadi anggota paskib di SMA nanti!”



Tangan Dicil sibuk membolak-balik brosur di depannya. Matanya yang bulat makin membesar ngelihatin tulisan di dalamnya, tulisan yang menjelaskan tentang profil SMA barunya lengkap dengan fasilitas dan kegiatan ekstra kulikulernya.

“Mamaaaa… kok di sekolah yang ini nggak ada ekskul paskibnyaaaa??????” teriakan Dicil lantang membahana….

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar

ke lagu ke labu