Gara-Gara Gina [ceritamini]

[tulisan ini pernah dimuat di majalah Aneka Yess! no. 25/2008]

Gara-Gara Gina

Pletuk…

Sebongkah kertas rada berminyak jatuh menimpa kepala Rana. Cewek tomboy berambut berantakan yang hobi banget makan cilok ini langsung misuh-misuh. Pandangannya jatuh pada kertas pembawa petaka yang barusan niban kepalanya. Sambil terus megangin rambut, kepala Rana celingukan mencari sumber tuh kertas.

Buset dah Gina… lo yang nimpuk kepala gue yak?” teriak Rana pada Gina, sobatnya yang lagi berdiri di lantai atas sekolahnya. Yang ditanya cuma cengar-cengir aneh.

Rana maklum, waktu kecil Gina memang sering step. Makanya pas gede, dia suka aneh sendiri he he…. “Ngapain sih lo ngelempar kertas? Sekali-kali, lempar pertanyaan kek, duit kek…. Asal jangan lempar batu sembunyi tangan,” teriak Rana lagi.

He he… nggak maksud kak Rana. Emang lagi buang tuh kertas bekas gorengan aja..” jawab yang ditanya. Masih tetap dengan senyum nggak jelasnya.

Buset… emang kagak ada tempat sampah?? Nyampah kok sembarangan?”

Gina nggak jawab. Tetap dengan senyum nggak jelasnya kali ini disertai pergerakan alis yang naik turun. Ew…


Na, si Dian tuh keren banget yaa… jago main gitar… jago masak… aduh, sempulna deh…” cerita Rana soal gebetannya. Tangannya sibuk mengaduk tas untuk nyari permen. Setelah ketemu, dia langsung menyodorkannya pada Gina. “Nggak kebayang deh, kalau gue jadian sama dia he he… eh, bungkusnya mana?” tanya Rana sambil masukin bungkus permen ke tasnya.

Udah dibuang. Ngapain sih, gituan aja lo simpen…” jawab Gina cuek.

Yee… kan udah dibilang jangan buang sampah sembarangan. Ntar banjir loh…” gerutu Rana

Yaelah dah… Cuma sebungkus permen. Kecil banget kaliii…”

Emang sih kecil, tapi kalau tiap hari ada seratus orang yang buang tuh bungkus permen, apa nggak jadi penuh tuh?”

Iya… iya…buset dah, cerewet banget sih lo… besok-besok nggak deh…”


Gluduuk..

Gemuruh petir memenuhi ruang dengar Rana yang lagi duduk di kamarnya Gina. Jam baru menunjukan pukul tiga sore, tapi hujan yang turun dari pagi bikin cuaca gelap banget. Rana masih sibuk memandang dan menyusun koleksi perangkonya Gina.

Sekedar info, sobatnya itu adalah seorang filatelis alias pengumpul perangko. Koleksinya banyak banget. Mulai dari perangko jadul hingga yang dari luar negeri. Semua tersusun rapi di album yang tersimpan di kotak besar.

Sementara itu, Gina lagi beres-beresin meja belajar. Sekedar info lagi, meja belajarnya Gina tuh bentuknya udah nggak jelas banget. Beragam kertas dan majalah berserakan sembarangan. Entah ada angin apa, tiba-tiba Gina jadi ngeberesin tuh meja. Wiih… dengan cekatan, Gina yang tergabung sama tim basket sekolahnya itu mengangkut segala kertas dan benda-benda lain yang nggak seharusnya ada di meja, kayak sepatu dan guci mama yang udah bocel ke dalam plastic dan mengikatnya. Lalu…


Buk…

Dengan cueknya Gina membuang tuh plastic ke halaman depan rumahnya. Sekedar info lagi nih, kamarnya Gina tuh memang terletak di bagian depan rumah.

Buset dah… kok lo buang kesitu sih?” tanya Rana bingung dan panik. “Emang nggak ada tempat sampah ya disini?”

Ya sudahlah ya…. Ujung-ujungnya tuh barang-barang juga bakal berakhir di got kayak gitu. Santai aja kali…” jawab Gina tenang. “Lagian, itu kan cuma dikit…”

Dikit dari Hongkong! Ntar kalau saluran got mampet, lo bisa kena banjir loh. Lagian, kertas-kertas kayak gitu kan bisa di-recycle Na.”

Halah… kertas daur ulang mah tinggal beli. Di toko buku banyak. Udah deh, jangan cerewet. Satu plastik sampah nggak bakal bikin banjir lah....” kata Gina ringan, sambil melihat tuh plastic sampah yang terbawa air cetek di got depan rumahnya.


Gluduuk…

Bunyi petir terdengar lagi. Kali ini disertai hujan rintik-rintik yang perlahan tapi pasti berubah deras. “Na, gue balik ah… nih, perangko-perangko lo… gue masukin lagi ke kolong tempat tidur yak!” teriak Rana sambil lari keluar kamar.


Kriiiing…. Kriiing…

Bunyi telepon jadul di HP Rana bunyi. Rana yang lagi mimpi ketemu Rian d’Masiv pun bangun. Rada bete karena mimpinya indah banget, dan langsung ngangkat telfon…

Ranaaaaaa….. rumah gue kebanjiran!!!! Koleksi perangko gue hanyut semua!!!” suara panic Gina di seberang sana terdengar.`1

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar

ke lagu ke labu