Dicil Berubah [ceritamini]

[tulisan ini pernah dimuat di majalah Aneka Yess! no.01/2009]

Dicil Berubah!

Bruk… gombreng… tang!!

Suara-suara ajaib bergaung di telinga Dina yang lagi duduk santai di depan televisi sambil nonton Kuch Kuch Hotta Hai yang diulang berjuta-juta kali. Tuh suara bersumber dari dapur, yang jaraknya lumayan jauh dari tempat duduknya Dina. Yah, kira-kira dua kali naik bis lah he he…

Dina yang lagi serius banget otomatis nengok ke dapur, terlihat sosok tambun Dicil, adiknya yang tomboy dan masih duduk di bangku kelas dua SMP lagi sibuk ngangkatin panci yang jatuh yang merupakan sumber suara-suara ajaib tadi.

Merasa dilihatin, Dicil langsung stop motion dan nengok pelan-pelan ke arah Dina yang masih memandang ke arahnya. Sambil nyengir, cewek tomboy yang hobi makan hamburger itu menganggukan kepala.

“Berisik ya kak??” tanyanya sok malu

“Menurut loooo?????”


“Dicil…. Lo dimana sih??” teriakan maut Dina terdengar hingga radius 4 Km. Sambil tergesa-gesa masuk ke dalam rumah sambil bawa selebaran kuning. “Ada lomba seru nih, pasti lo tertarik deh…” teriaknya lagi. Tiba-tiba ia berhenti di depan dapur, kepalanya dimiringkan untuk lebih memperjelas pandangannya. Sosok tambun Dicil lagi-lagi berada di dapur.

Sekedar info nih, Dicil tuh orang yang paling males masuk ke dapur. Kalau soal makan sih dia jagonya, tapi untuk nginjek dan tersangkut paut sama urusan dapur, wiih… Dicil nolak banget. Katanya bau dapur tuh nggak asyik, bikin selera makan turun. Dan Dicil nih, paling nggak terlalu doyan sama makanan rumahan yang dimasak di dapur. Jadinya sering banget Dicil makan di restoran fast food di plaza dekat rumah.

Ngelihat Dicil sekarang berdiri di dapur, lengkap dengan panci dan lap, terang aja Dina bingung. Niatnya ngasih liat Dicil selebaran kuning di tangannya pun terlupakan, padahal tuh selebaran berisi iklan lomba makan burger di restoran fast food deket rumah.

Sebagai kakak yang baik, tentunya Dina terheran-heran, kenapa juga Dicil yang anti banget masuk dapur, sekarang makin sering menghabiskan waktunya di dapur. Kalau nggak sekolah, atau les atau mandi atau main bola atau latihan nari atau baca novel The Chronicles of Narnia atau nulis blog atau ngelukis (buset… banyak banget kegiatannya), Dicil pasti berada di dapur.


“Ayo ngaku, kenapa lo sekarang jadi sering banget ngabisin waktu di dapur?” tanya Dina sama adeknya. Saat itu mereka berdua lagi duduk di teras rumah. Dina mainan kucing dan Dicil baca novel. “Lagi jatuh cinta ya?? terus lo pengen belajar bikin kue buat tuh cowok…”

“Ih, apaan sih kak Dina. Aku tuh abis nonton film-nya Michael Moore, Super Size Me. Katanya junk food tuh nggak bagus buat kesehatan, makanya aku mau belajar masak makanan sehat,” jelas Dicil cuek, sambil tetap baca novel favoritnya.

“Ah yang beneeeer…” tanya Dina lagi. Dicil cuma ngangguk dan kembali serius ngikutin cerita Pensieve bersaudara.


“Eh, dicobain ya cah kangkungnya… aku yang buat sendiri loh…” suara Dicil terdengar dari balik jendela. Dina yang lagi kayang di kamar pun terkaget-kaget, soalnya suara Dicil jadi terdengar sok imut gituh… sontak Dina langsung bangkit dari posisi semula dan beranjak ke jendela. Dilihatnya Dicil sedang berdiri di depan seorang pemuda berambut cepak dengan headband di kepala.

Hmm… mata bulat Dina makin melebar. “Ternyata itu toh alasan kenapa Dicil belajar masak??”

Begitu si cowok-berambut-cepak-dengan headband-di kepala pulang, dan Dicil lagi senyum-senyum sambil bawa piring kotor ke dapur. Dina langsung mencegatnya. “Tuh, ngaku deh… lo belajar masak karena lagi jatuh cinta ya…” tuduhnya sambil naik-naikin alis.

“Nggak juga tuh… aku lagi belajar masak biar nggak makan junk food melulu.” Kata Dicil santai sambil jalan terus menuju dapur. Meninggalkan Dina dengan posisi seperti tadi, alis naik separo dan mulut menganga serta tangan di kuping… “Huh… nggak ngaku lagi. Liat aja, gue bakal nyari tahu alasan sesungguhnya! Ha ha ha…” kata Dina dengan gaya a la Pahlawan Bertopeng.



Sambil mengendap-endap, Dina masuk ke kamar Dicil yang gelap. Berbekal senter di tangan, di melangkah ke meja belajar tempat diary Dicil diletakkan. Setelah ketemu, tuh buku langsung dibolak-balik sampai halaman,

‘Diary… Dicil barusan nonton SuperSize Me… tuh film semi-dokumenter bikin aku makin sadar kalau junk food tuh nggak baik buat aku. Hmm… mulai sekarang, aku mau makan makanan sehat ah…’

“Kak Dina… ngapain disitu…” tanya Dicil tiba-tiba… ups.. ups…

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar

ke lagu ke labu