Kata Cinta Untuk Dia

Memang susah membuat lagu untuk negeri ini. Bukan karena keindahannya yang terlalu membabi buta atau sebaliknya, terlalu banyak darah dan air mata, tapi lebih ke jiwa.

Apakah kamu cukup mencintai negeri ini sehingga tulus ikhlas berkesenian untuknya. Atau hanya sekadar di ujung lidah saja dan mengatas namakan nasionalisme tahu kicing. Tidak ini bukan typo.

Bukan yang mengobral Indonesia tanpa merasa cinta penuh untuknya. Dengan lebay membuang kata cinta penuh makna tanpa berpikir komitmen yang kelak harus dijalani.

Sepanjang ingatan yang tidak cukup panjang, hanya ada beberapa nama musisi/seniman lokal yang bisa menggambarkan keajaiban Indonesia dalam bentuk lagu, tanpa terkesan memaksa atau pura-pura.


Mungkin tak perlu intro terlalu panjang untuk mereka, jika anda tidak tahu tentang mereka, simply googling saja. Postingan ini tidak akan menceritakan profil mereka.

Tapi coba dengarkan karya mereka. Dengarkan saja.

Guruh yang lebih menggambarkan indahnya nusantara dan Harry serta geliatnya untuk kehidupan sosial di Indonesia. Tanpa banyak kata yang terbuang percuma. Tanpa perlu tenaga berlebih dan urat kerongkongan menganga. Bergetar jiwa raga, bergetar dagu menahan asa tiap kali mendengar karya mereka.

Memang susah membuat lagu untuk Indonesia.
Saya juga tidak bisa.

Tapi paling tidak, saya tidak memaksa.

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar

ke lagu ke labu