SD Seputaran Graha Raya - Ciledug

Kembali lagi bersama ibu bapak yang sedang pusing memikirkan sekolah anak! Setelah dua tahun lalu, pusing-pusing cari TK, sekarang udah mulai nih masanya mencari sekolah dasar untuk si kakak yang tahun depan, masuk SD.

Udah semingguan ini lah, mikir-mikir asiknya masuk mana. Berbekal hasil obrolan sama mama-mama di kelasnya si kakak, ada beberapa sekolah yang menarik perhatian. Mulailah mencari tahu lebih jauh. Sebelumnya, udah obrolan juga sama pandoy, sekolah macam apa sik yang kami pengen buat Sotja: kalo aku sih, ini aku lho ya... ada beberapa hal (syarat) untuk nyari sekolah.

Sistem Sentra. 
Karena di TK-nya sekarang pake sistem ini (moving class), kepikiran untuk nerusin ke SD juga. Tapi sayang, nggak semua sekolah menggunakan sistem sentra. Ada sik beberapa, nanti ya aku list sekalian di bawah. Kenapa mesti sentra? Biar anak-anak nggak pasif di satu kelas aja sik :D

Pendidikan Islam 
Berhubung mandoy pandoy-nya masih gini-gini aja, kami pengen banget, Sotja punya bekal pendidikan agama yang baik. Bukan sekadar, rajin shalat atau hafal surat, tapi lebih ke paham, gimana indahnya Islam (ya ini juga pasti diajarin dari rumah, cuma akan lebih ntap kalau di sekolah juga belajar tentang ini)

Lokasi
Ini juga penting. Nggak boleh jauh dari rumah. Kenapa? Ntar ribet antar jemput. Iya, kalo ada jemputan (mesti mobil -pesan utinya. Bukan sombong, biar aman aja), kalo nggak ada. PR abis nanti.

SPP
Nah, nggak kalah penting. Untuk uang pangkal, biasanya kan bisa dicicil tuh -yang harus dipikirin itu emang uang bulanannya: jangan sampe ngerusak cashflow. Intinya sih, jangan maksain diri :)

Nggak Cuma Akademik
Iyes, akademik penting. Tapi lebih penting lagi kalau Sotja tumbuh jadi orang yang baik. Yang nggak cuma pintar, tapi juga cerdas.

Keeeey, balik ke soal hunting sekolah, so far udah ada beberapa kandidat sekolah yang ok (menurut kami) cuma masih harus dipikirin masak-masak berbagai aspeknya. Mulai dari lokasi, biaya hingga kurikulum. Cekidot ya list-nya:

1. Sekolah Alam Bintaro
Dari awal baca-baca soal sekolah ini, akika langsung jatuh hati dan ngerasa, ini nih sekolah yang pas untuk si kakak yang super lasak xD. Makin dibaca, waduh... kok ya semakin suka. Lokasi juga terjangkau dengan mudah. Langsung deh e-mail buat tahu tata cara penerimaan murid baru.

ampun bagidaaaa!

liat uang pangkal, ya bisa lah... 
eh SPP-nya, agak di luar jangkauan :(

Ya udah deh, pas dulu. Sekolah alamnya weekend aja di #SoreSotjaSantjaka :D



2. SDIT Bintang
Nah yang ini, dapet info dari mama-mama temen sekelas si kakak. Lokasinya nggak terlalu jauh dari rumah. Letaknya di dalam kumplek perumahan gitu, kayak TK-nya doi sekarang (eh, tapi katanya lagi mau pindah ke gedung baru yang nggak jauh dari situ). Tadi pagi aku coba liat-liat ke sana. Disambut sama Mister Al yang lagi kongkow sama ibu-ibu Komite sekolah... eh, ndilalah... ada temen SMP-ku jadi salah satu anggota Komite dong! Walhasil, pas balik survey, langsung wasap doi, nanya-nanya. Menurutnya, SDIT Bintang ok, meski sarana dan prasarana masih minim (maklum, baru dua angkatan).

Mereka berbasis Al Quran (tilawati), jadi  jam 7-9 materinya tentang agama: ngaji, ngafalin Asmaul Husna, games, dll. Jam 9-12 baru akademik.

Jam sekolah daro 7.15-13.30, ada catering dan jemputan (kalau mau).
Mereka berdiri baru 2 tahun sih,, baru ada 2 angkatan, jadi belom keliatan lulusannya. Tapi kata Mister Al, beberapa kali ikut lomba, anak2 Bintang gak kalah sama yang kelas 5 dan 6 (untuk lomba2 di bidang agama islam ya).

Ruang kelas ber-AC. Satu kelas maximal 25 dengan 2 guru. Tidak sistem sentra, jadi mungkin ada beberapa anak aktif yang agak kaget nantinya. Udah buka pendaftaran juga. Kalo daftar sekarang, diskon 2 juta (dari total 12jutaan)

terjangkau lah kalo ini :D

ini masih terjangkau lah. Cuma ya itu, angkatan baru 2 biji, jadi belum terakreditasi. Mesti nunggu ada yang lulus dulu, which sekitar 4 tahunan lagi. Hmm... bingung.


3. SDIT Al Irsyad
Nah yang ini, hasil ngobrol sama Mamanya Maahira, tetangga rumah. Lokasinya di Komp. DKI, which is sekitar 30-45 menit dari rumah. Iya jauh. Hahaha... tapi, di sini, pake sistem sentra cem di TK. Menarik sik buatku. SPP juga terjangkau, sekitar (taun ajaran 2017/2018) Rp300k. Cuma ya itu, jauh.

*postingan ini bakal bersambung, seiring jalan mencari sekolahan :D

2 komentar: (+add yours?)

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah SDIT Bintang Tahun 2018 sudah diakreditasi dan hasilnya "A"

Unknown mengatakan...

Alhamdullillah.. SDIT Bintang rekomended nih udah terakreditasi A :D

Posting Komentar

ke lagu ke labu